Kamis, 23 Februari 2012

Jaringan

SEKENARIO KASUS
Pada kasus ini layanan yang akan di berikan berupa LAN, dan internet akses. Untuk LAN biasanya digunakan user untuk berbagi sumberdaya seperti printer, sharing data. Sedangkan untuk Internet user menggunakannya untuk akses informasi dan komunikasi (email). Jumlah user/pengguna jaringan berdasarkan identifikasi kurang dari 100 user.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka disarankan pemilihan koneksi ke Internet Service profider (ISP) dapat berupa dial-up dengan menggunakan telkom speedy2, atau wireless4. Hal tersebut dikarenakan bandwith yang dibutuhkan cukup diakomodasi oleh jenis koneksi tersebut.

Berdasarkan kondisi diatas untuk kasus, dapat disiapkan rancangan pengembangan jaringan komputer seperti terlihat dalam sketsa pada Gambar :


Dalam sketsa di atas terlihat lokasi komputer-komputer, perangkat jaringan seperti hub/switch, access point, dan hardware lainnya yang akan dikoneksikan ke dalam jaringan. Kami mencoba membagi menjadi empat grup, berdasarkan letak (kumpulan dari komputer-komputer, Gedung TEKNOKRAT), dan jarak. Dari sketsa ini dapat ditentukan topologi yang akan digunakan, yaitu :
a)          Grup Gedung A, Gedung STBA, Gedung GSG dan Gedung ICT menggunakan topologi BUS, karena didalam sketsa pada grup ini terdapat konsentrator yaitu hub/switch
b)          Setiap hub/switch yang saling terhubung, dan hub/switch ke access point menggunakan topologi bus,
c)          Antara access point client dari grup Gedung STBA, Gedung GSG dan Gedung ICT ke access point pada grup Gedung A menggunakan topologi wireless.
Jadi pada kasus ini terdapat Tiga topologi yang digunakan yaitu topologi Bushybrid dan Wireless. Adapun perangkat keras yang diperlukan untuk membangun jaringan disajikan pada Tabel di bawah. Perangkat ini merupakan kebutuhan minimum yang harus dipenuhi.

Tabel Perangkat Keras yang di Butuhkan :
NO
PERANGKAT
KERAS
VOLUME
SPESIFIKASI
KETERANGAN
1
ModemADSL
1 Buah
Kecepatan 4 Mbps
Untuk koneksi ke ISP disarankan menggunakan Speedy/ BizNet.
2
Server
4 Buah
Ø Minimum PIVmemory 512untuk gatewayserver (bisa komputer biasa 1 atau serverbranded2)
Ø Minimum 2X Intel Xeon ,memory 2 X 2 GB, HD diatas 2TB(fungsi : Database

Gateway server digunakan
sebagai Network Address
Translation (NAT) dan router
atau sebagai proxy. Database
server memerlukan respon
yang cepat karena akan
terinstall suatu aplikasi,
sehingga memerlukan kerja
prosessor, memory dan hardisk
yang besar.
3
Switch
5 Buah


4
Repeater
6 Buah


6
Wireless LAN
4 Buah


7
PC
32 Buah


8
Laptop
16 Buah



Platform atau sistem operasi / Operating System (OS) pada server dapat menggunakan open source. Biasanya open source lebih dekat pengertiannya dengan Linux. Di pasaran telah banyak tersedia distro dari Linux untuk keperluan jaringan. Gateway ini biasanya berfungsi terutama dalam hal manajemen sebuah jaringan dan security/keamanan. Aplikasinya bisanya dalam bentuk proxy server. Dengan demikikan managebility dan monitoring sistem, sertakeamanan dapat diakomodasi. Ke dua hal ini perlu diterapkan untuk menjaga jaringan agar dapat berjalan denganbaik, sehingga terhindar dari gangguan dari virus, spam, dan hacker. Untuk server database, sistem operasi dapat menyesuaikan dengan aplikasi database yang digunakan. Misalnya dapat dipilih Windows 2003 bila menggunakan Microsoft SQL Server atau Linux bila menggunakan MySQL atau Postgress. Dalam kasus ini platform yang digunakan adalah Windows 2003 server sebagai OS pada server.

0 komentar:

Posting Komentar